Kanta Kota Cirebon Terus Berinovasi Tingkatkan Pelayanan

Kanta Kota Cirebon Terus Berinovasi Tingkatkan Pelayanan

CIREBON- Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Cirebon terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Baik itu dari segi fisik ruang pelayanan yang kini jauh lebih nyaman, juga berbagai layanan lainnya yang memudahkan para pemohon untuk mengurus langsung (tanpa kuasa), maupun yang mengurus dengan kuasa.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Cirebon Setyo Anggraini ST ME menjelaskan, Kantah Kota Cirebon yang sudah mandapatkan predikat wilayah bebas korupsi (WBK) dari Menteri PAN-RB tahun 2020, kini menuju penguatan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) 2022.

Sehingga, pihaknya terus berinovasi menghadirkan sejumlah formulasi yang bisa lebih memudahkan dan memuaskan masyarakat. Di antaranya, dari segi fisik bangunan, saat ini ruang loket pelayanan sudah direnovasi lebih nyaman. Memisahkan ruang loket pelayanan dengan ruang konsultasi, serta ruang mediasi pengaduan dan sengketa.

BACA JUGA:Makam Upin Ipin Viral, Benarkah Berasal dari Indonesia? Ternyata Ini Kisah di Balik Nama Tersebut

“Di ruang pelayanan, bagi pemohon yang mengurus langsung, ada loket layanan (Lagu Cinta) yang memberikan beberapa jenis layanan selama 120 menit saja. Di antaranya peningkatan hak, roya, surat keterangan pendaftaran tanah (SKPT), ganti nama, dan peralihan hak pembagian hak bersama,” ujar Setyo, kepada wartawan, kemarin (18/1).

Selain itu, kata dia, inovasi dari segi yang berbasis pemanfaatan teknologi, saat ini berbagai jenis biaya PNBP (penerimaan negara bukan pajak) yang timbul dari layanan yang diurus pemohon. Bisa dibayarkan secara non tunai (cashless) melalui barcode QRIS Kantah Kota Cirebon.

BACA JUGA:Viral! Ibu Ingin Melahirkan Harus Ditandu Akibat Kondisi Jalan Buruk, Begini Nasib Jabang Bayinya

Menurutnya, sebelum datang ke Kantor Pertanahan Kota Cirebon untuk mengurus langsung layanan pertanahan, untuk layanan persyaratan para pemohon juga bisa mencari tahu informasi awal terkait syarat dan mekanisme alur pelayanan melalui Sentuh Tanahku, atau website kantahkotacirebon.online, atau melalui WhatsApp Hello Kantah Cinta dengan nomor 082319677880.

“Untuk layanan pertanahan secara online antara lain layanan Roya el, HT el (hak tanggungan eL), SKPT eL, zona nilai tanah (ZNT) eL, dan pengecekan eL,” tuturnya.

Bagi pemohon layanan sertifikat tanah yang sudah jadi, tapi tidak sempat atau belum bisa datang langsung ke kantor BPN, pihaknya menyediakan inovasi layanan pengantaran sertifikat “SAJIAN SEDAP” (Sertipikat Anda Jadi Sertipikat Anda Diantar Pasti). Nantinya, sertifikat yang sudah jadi akan dikirim langsung ke alamat pemohon secara gratis.

Dia menambahkan, dalam menyajikan berbagai inovasi peningkatan pelayanan ini, pihaknya berkolaborasi dengan berbagai stake holder, mulai dari Pemkot Cirebon, Kejari Kota Cirebon, Polres Ciko, BI, Bjb, KPP Pratama, KPKNL, dan KPPN. (azs/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: